Mengatur Email Domain

Pengaturan email untuk nama domain yang dipesan dapat dilakukan di halaman detil nama domain. Silahkan baca panduan Pengaturan Nama Domain untuk mengetahui bagaimana melihat detil nama domain.

Pilih menu “Email” yang ada di samping kanan, kemudian pilih link “Kelola Email”.

Selanjutnya akan muncul jendela baru untuk mengelola email. Kamu bisa melihat overview akun email di Dashboard, bisa menambahkan pengguna baru dari link “Add User” di Dashboard atau melalui menu dan pengelolaan lainnya.

Menambah User / Pengguna

Menambah pengguna email dapat dilakukan dari menu “Mail > Add User” atau dari link “Add User” di Dashboard.

Lengkapi form Add User, pastikan field yang ditandai (*) harus terisi. Setelah yakin, klik tombol “Add User”.

Jika proses pembuatan user tidak ada masalah, kamu akan diberikan informasi tentang user yang telah dibuat. Simpan baik-baik informasi tersebut, atau bisa dicetak kertas jika perlu. Informasi tersebut juga dikirim ke alamat email yang dimasukkan ke “Alternate Email Address”.

Akses Webmail

Kamu dapat mengecek apakah alamat email yang telah dibuat telah berjalan dengan baik. Di informasi pembuatan user di atas, disertakan URL webmail (Webmail URL) untuk membuka akun email lewat web browser.

Klik URL webmail tersebut dan masukkan username dan password sesuai dengan informasi akun email yang telah dibuat. Kamu dapat mencoba mengirim email dari alamat email lain yang kamu punya atau sebaliknya.

Forwarding Email

Jika kamu ingin nama email tertentu diteruskan (forwarded) ke akun email yang ada, kamu bisa menggunakan fitur Forward Only Account. Tidak seperti fitur User, fitur Forward Only Account tidak ada penyimpanan email.

Kamu dapat menambahkan akun forwarding email dari menu “Mail > Add Forward Only Account” atau link “Add Forward Only Account” dari Dashboard.

Masukkan alamat forwarding email dan alamat utama email yang dituju. Misalkan kamu ingin semua email yang dikirim ke alamat [email protected] akan diteruskan¬† ke alamat email [email protected] Kamu bisa memasukkan lebih dari satu alamat email.

Mengatur User

Akun yang telah dibuat, baik akun email atau hanya akun forward, dapat diatur menggunakan fitur Manage Users / Accounts. Pilih menu “Mail > Manage Users / Accounts” atau klik link “Manage Users / Accounts” dari Dashboard.

Kamu dapat melihat akun-akun email yang telah dibuat, dapat mengedit atau menghapus akun-akun tersebut.

Mail Setting – DNS Configuration

Setting ini penting supaya email kamu dapat berjalan dengan baik. Secara otomatis, sistem akan melakukan konfigurasi DNS untuk email domain kamu. Jika kamu menggunakan layanan DNS di tempat lain, misalkan CloudFlare, kamu bisa melakukan konfigurasi melalui fitur ini.

Pilih menu “Mail Settings > DNS Configuration”. Perhatikan beberapa bagian konfigurasi DNS, pastikan semua bagian telah valid.

Konfigurasi MX records

Pertama, pastikan MX (Email Exchange) diarahkan ke layanan email domain DaunTal. Kamu bisa lihat di bagian Mail Configuration.

Setting MX Records bisa dilakukan di Manajemen DNS dari Pengaturan Nama Domain, pilih tombol “MX Records”.

CNAME Records

Selanjutnya pastikan beberapa record CNAME telah dibuat di DNS domain.

Pilih tombol “CNAME records” dan pastikan semua record yang dibutuhkan telah dibuat.

TXT Records

Terakhir memasukkan record TXT untuk keamanan email.

Pilih tombol “TXT records” dan pastikan semua record yang dibutuhkan telah dibuat.